breaking

&Sabu

&Sabu

&Networks

&Networks

&Criminality

&Criminality

✦ ✦ Unlabelled ✦ WNI Turunan Kendalikan Illegal Logging

Share This

Jakarta, WASPADA Online

Maraknya kasus penebangan hutan, terutama kayu jati secara liar (illegal logging) ternyata lebih banyak dikendalikan para WNI keturunan. "Ternyata para WNI keturunan selama ini berperan mengendalikan para penjarah hutan," kata Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Anton Bachrul Alam, di Jakarta, Selasa (21/2).

Menurut dia, dari 500 tersangka ditangkap dalam Operasi Lestari III selama 20 Januari hingga 20 Februari 2006 terdapat sejumlah nama WNI keturunan. Dari sejumlah nama WNI keturunan itu, terdapat beberapa nama yang ditangkap di wilayah hukum Polda Jawa Timur, yakni Mucen alias Suyanto ditangkap di Jember, Agus Suwantono ditangkap di Madiun dan Suwito ditangkap di Bojonegoro.

"Di Bojonegoro ini ada warga satu kampung dikoordinir Suwito untuk melakukan pencurian-pencurian kayu. Alhamdulillah semuanya berhasil kami tangkap," ujarnya. Namun demikian, lanjut Anton, dari beberapa nama WNI keturunan hanya Mucen yang merupakan cukong kelas kakap kasus tersebut.

"Dari hasil operasi ini pula, kami menemukan ternyata para WNI keturunan ini yang sebenarnya menikmati hutan kayu jati," tambahnya. Saat ditanya mengenai keterlibatan oknum aparat dalam kasus tersebut sehingga dengan leluasa para cukong beroperasi, menurut Anton, sangat mungkin terjadi. "Memang ada indikasi para cukong ini bekerjasama dengan oknum Perhutani, tetapi kami masih terus menyelidikinya," ujarnya. (j02/ant)


22 Feb 06 00:06 WIBPolisi Tangkap 4,5 Kg SS Asal China
Jakarta, WASPADA Online

Polres Bandara Soekarno-Hatta menyita 4,575 kg shabu-shabu di dalam mainan anak-anak didatangkan dari Guangzhou, China dan menangkap satu orang dicurigai menjadi perantara paket itu. "Shabu-shabu ini diselipkan di dalam mainan anak-anak berbentuk pesawat terbang remote control. Mainan anak-anak ini disimpan di kontainer dikirim perusahaan kargo DHL," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol I Ketut Untung Yoga Ana di Jakarta, Selasa (21/2).

Dia mengatakan, polisi masih memeriksa AP, yang diduga menjadi orang terlibat dalam pengiriman zat psikotropika. "Kontainer itu diterbangkan dari Guangzhou ke Indonesia lewat Hongkong. Dari mana narkoba diterbangkan, ini yang masih ditelusuri polisi," ujarnya.

Penyitaan bermula dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta terhadap kontainer turun dari pesawat kargo milik DHL. Dalam pemeriksaan, petugas menemukan SS di sela-sela mainan anak-anak dan penemuan barang terlarang dilaporkan ke Polres setempat. (j02/ant)

About media

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: